MAKALAH
SURVEY
PERPUSTAKAAN DAERAH ponorogo
Nama
anggota kelompok :
-
Rimadani
dila p ( 07 )
-
Risky aulia
n. k. ( 08 )
-
Siti
istikomah ( 18 )
-
Tita
agustin ( 25 )
KELAS : XI APK 3
SMK NEGERI
1 PONOROGO
Jl. Jend.
Sudirman no. 10 ponorogo
Tahun pelajaran
2013/ 2014
KATA
PENGANTAR
Dengan mengucap puji dan syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan
kekuatan lahir maupun batin kepada kita semua, dan atas berkat serta
rahmatnya sehingga kami bisa menyelesaikan karya tulis ini yang masih jauh dari
sempurna.
Makalah
ini ditulis dan disusun dengan baik sebagai salah satu bukti bahwa kami telah
melakukan survey ke Perpustakaan Daerah Kabupaten Ponorogo pada hari Rabu, 12 Maret
2014 sebagaimana tugas dari Guru Pembimbing Mata Pelajaran Administrasi
Perpustakaan.
Selanjutnya,
hasil dari survey di Perpustakaan Daerah kami susun menjadi makalah agar dapat
dipelajari oleh penyusun pada khususnya dan seluruh siswa pada umumnya.
Penyusun
menyadari bahwa makalah yang disusun ini belum sempurnya, kami mengharapkan
kritik dan saran dari pembaca sekalian. Terima kasih.
Ponorogo,
17 Maret 2014
Penyusun
DAFTAR
ISI
KATA PENGANTAR..................................................................................... .... i
DAFTAR ISI................................................................................................... .... ii
BAB I :
PENDAHULUAN............................................................................. .... 1
1.1 Latar
Belakang.................................................................................... .... 1
1.2 Tujuan.................................................................................................. .... 1
1.3 Bentuk
Kegiatan.................................................................................. .... 2
1.4 Waktu
dan Lokasi............................................................................... .... 2
BAB II : PEMBAHASAN................................................................................... 3
2.1
Pelayanan Perpustakaan...................................................................... .... 3
2.1.1
Definisi Layanan Perpustakaan................................................. .... 3
2.1.2
Cara Mendaftar......................................................................... .... 3
2.1.3
Cara Meminjam Buku............................................................... .... 3
2.1.4
Cara Pengembalian Buku.......................................................... .... 4
2.2
Macam – macam Pengadaan Bahan Pustaka....................................... .... 4
2.3
Koleksi Perpustakaan.......................................................................... .... 4
2.4
Pengolahan Bahan Pustaka.................................................................. .... 5
2.4.1
Persiapan Alat........................................................................... .... 5
2.4.2
Melakukan Klasifikasi Bahan Pustaka...................................... .... 5
2.5
Inventarisasi......................................................................................... .... 6
2.5.1
Pengecapan/ Stample................................................................. .... 6
2.5.2
Pencatatan di Buku Induk........................................................ .... 7
2.5.3
Katalogisasi............................................................................... .... 9
2.5.4
Pelabelan................................................................................... .... 10
BAB III : PENUTUP........................................................................................... 13
3.1
Kesimpulan.......................................................................................... .... 13
3.2
Saran.................................................................................................... .... 13
LAMPIRAN.................................................................................................... .... 14
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Sebagai upaya percerdasan Sumber
Daya Manusia dan memaksimalkan siswa program Administrasi Perkantoran, maka siswa
diperlukan melakukan survei ataupun analisis lapangan. Survei ini ditujukan
untuk melihat perbandingan antara teori
yang disampaikan oleh guru dan praktek yang sebenarnya di lapangan, bagaimana
peran perpustakaan sebagai jantung informasi pendidikan. Apakah perpustakaan
berhasil memainkan perannya atau sebaliknya perpustakaan hanya menjadi menara
gading di dalam suatu instansi.
Rendahnya mutu sumber daya manusia
merupakan salah satu isu utama yang menjadi sorotan akhir-akhir ini. berbagai
factor disinyarlir telah menjadi penyebab rendahnya mutu Sumber Daya Manusia
Indonesia. Salah satu faktor yang dominan adalah semakin turunnya tingkat
kesejahteraannya masyarakat Indonesia disertai dengan kurangnya minat dan wawasan masyarakat
terhadap Ilmu Pengetahuan.
Dapat kita ketahui bahwasanya sumber
Ilmu Pengetahuan yang paling akurat adalah Buku.
Sehingga terdirilah suatu Organisasi Perpustakaan yang menjadi Wadah dalam
menimba Ilmu. Namun keadaan sekarang jauh berbeda dengan dahulu dimana
Perpustakaan yang tersedia tidak dimanfaatkan sesuai dengan jenis perpustakaan
dan pemakainya.
1.2 Tujuan Kegiatan Survey di
Perpustakaan Daerah
Tujuan diadakannya
kegiatan survey di Perpustakaan Daerah adalah sebagai berikut :
1.2.1
Penerapan mata pelajaran Administrasi
Perpustakaan
1.2.2
Sebagai wahana rekreasi mengisi liburan
yang bersifat informative
1.2.3
Siswa diharapkan termotivasi untuk
memperbaiki dan membenahi system perpustakaan pada institusi mereka bekerja
1.3 Bentuk Kegiatan Survey di
Perpustakaan Daerah
Bentuk kegiatan survey di Perpustakaan
Daerah yang kami lakukan adalah sebagai berikut :
Ñ
Dialog Tanya jawab
Ñ
Pengambilan gambar
1.4 Waktu dan Lokasi
Rabu tanggal 12 Maret 2014 di Kantor
Perpustkaan Daerah Kabupaten Jalan Ir. H. Juanda No. 172 Ponorogo. Telp. (0352) 7100181/
Fax. (0352) 481799
BAB II
PEMBAHASAN
2.1
PELAYANAN PERPUSTAKAAN
Perpustakaan
adalah organisasi pengelola karya tulis, karya cetak, dan atau karya rekam
secara professional dengan system yang baku guna memnuhi kebutuhan pendidikan.,
penelitian, pelestarian, informasi, dan rekresiasi para pemustaka.
2.1.1 Definisi Layanan Perpustakaan
Semua
kegiatan yang ditujukan untuk menyiapkan segala sarana untuk mempermudah
memperoleh informasi/ bahan pustaka yang dibutuhkan pengguna.
2.1.2 Cara Mendaftar sebagai Aggota Perpustakaan Daerah
Untuk
mendaftar sebagai anggota Perpustakaan Daerah melalui beberapa tahapan, yaitu :
v Siswa
datang ke Perpustakaan Daerah
v Menyerahkan
berkas pendaftaran, foto, formulir, KTP
v Jika
tidak lengkap siswa harus melengkapinya terlebih dahulu
v Jika
sudah lengkap, kemudian dilakukan proses pencatatan pembuatan kartu anggota
v Kemudian
serahkan kartu anggota
2.1.3 Cara Meminjam Buku di Perpustakaan
Daerah
Beberapa
tahapan yang harus dilalui untuk meminjam buku atau bahan pustaka di
Perpustakaan Daerah antara lain :
Siswa datang ke perpustakaan
Menuju OPAC, kemudian langsung ke rak,
jika tidak tahu letaknya bisa bertanya ke petugas
Jika sudah menemukan koleksi yang ingin
dipinjam serahkan buku kepada petugas kemudian catat call number
Kemudian dilakukan pencatatan peminjaman
Kartu Buku, Kartu Peminjaman, dan slip buku
Buku diserahkan kepada siswa, kemudian
kartu anggota ditinggal
2.1.4 Cara Pengembalian Buku yang Telah
Dipinjam
Untuk
mengembalikan buku yang telah di pinjam, kita dapat melalui beberapa prosedur,
yaitu :
§ Siswa
datang ke perpustakaan
§ Serahkan
buku dan kartu peminjam ke petugas
§ Pencatatan
Kartu Buku, Kartu peminjam dan slip buku
§ Buku
diserahkan kepada petugas, kemudian kartu anggota dikembali
2.2
MACAM – MACAM PENGADAAN BAHAN PUSTAKA
Pengadaan
bahan pustaka dapat diperoleh melalui :
1.
Pembelian
Terlebih dahulu mengajukan proposal kepada
Kepala Dinas, apabila proposal sudah disetujui, maka pembelian buku dapat
segera dilakukan. Pembelian dilakukan melalui agen.
2.
Hadiah
Hadiah bisa didapatkan dari
Perpustakaan Provinsi. Selain itu juga bisa didapatkan dari pengunjung yang
membawa buku – buku yang hibahkan atau di berikan kepada Perpustakaan Daerah.
2.3 KOLEKSI PERPUSTAKAAN
Macam
– macam koleksi yang ada di Perpustakaan Daerah. Koleksi Perpustakaan Daerah
terdiri dari :
A.
Koleksi Buku
v Buku
– buku pelajaran untuk SD, SMP, SMA dan PT
v Buku
– buku agama
v Buku
pertanian, perkebunan dan peternakan
v Buku
keterampilan, kesenian, griya, fashion dan gaya hidup
v Buku
social, ekonomi, poitik, huku, dan UU
v Buku
psikologi, kesehatan dan keluarga
v Buku
sejarah, geografi, biografi dan budaya
v Novel
dan cerita rakyat
v Kamus
dan ensiklopedi
v Karya
ilmiah
B.
Koleksi Bukan Buku
v Koran
v majalah
v tabloid
2.4 PENGOLAHAN BAHAN PUSTAKA
Pengolahan
bahan pustaka dimulai pada waktu perpustakaan memesan/ menerima bahan pustaka
sampai pada penyimpanan bahan pustaka. Oleh karena itu perpustakaan harus dapat
mengolah dan mengatur koleksinya agar informasi yang terdapat dalam koleksinya
dapat disimpan dan ditemukan kembali secara mudah, cepat dan tepat. Proses
pengolahan bahan pustaka meliputi beberapa tahapan, yaitu :
2.4.1
Mempersiapkan
alat yang digunakan untuk mengolah bahan pustaka
Alat yang digunakan untuk pengolahan bahan
pustaka adalah alat yang menunjang pengolahan bahan pustaka agar saat
pengerjaan lebih mudah. Alat – alat tersebut antara lain :
Ñ
Buku pedoman klasifikasi DDC
Ñ
Buku pedoman tajuk subyek
Ñ
Buku pedoman katalogisasi
Ñ
Buku inventarisasi
Ñ
Blanko kartu catalog
Ñ
Alat tulis, mesin ketik/ computer,
kertas, lem
Ñ
Alat label
Ñ
Slip tanggal kembali, kartu buku,
kantong kartu buku
Ñ
Kotak catalog, stampel
2.4.2
Melakukan
Klasifikasi Bahan Pustaka
Yang
dimaksud klasifikasi adalah proses untuk menggolongkan buku berdasarkan subyek
atau isi buku yang dibahas. Dengan adanya klasifikasi buku, maka diharapkan
proses pencarian buku dapat dilakukan dengan lebih mudah dan cepat.
Sistem
klasifikasi buku yang umum digunakan adalan system persepuluhan dewey atau
disebut DDC ( Dewey Decimal Classification). Dalam system ini digunakan system
klasifikasi berupa angka ( notasi ). Daftar klasifikasi DDc adalah :
·
000 Karya
Umum
·
100 Filsafat
dan Psikologi
·
200 Agama
– agama Umum
·
300 Ilmu
– ilmu social
·
400 Bahasa
·
500 Ilmu
– ilmu Murni
·
600 Ilmu
Terapan/ Teknologi
·
700 Kesenian
dan Olahraga
·
800 Kesusastraan
·
900 Sejarah
dan Geografi
2.5 INVENTARISASI
Inventarisasi
adalah kegiatan yang berupa pencatatan bahan pustaka sebagai bukti bahwa
koleksi tersebut telah menjadi milik perpustakaan. Kegiatan inventarisasi
meliputi :
2.5.1
PENGECAPAN
( STAMPLE )
Setiap
buku yang menjadi milik perpustakaan harus di stample perpustakaan. Stample
hendaknya berada di :
a)
Pada halaman judul/ balik judul
b)
Pada halaman rahasia
c)
Pada halaman terakhir
d)
Pada halaman rahasia
Di
Perpustakaan Daerah stampel yang digunakan untuk menandai buku ada dua jenis,
yaitu :
1.
Stample Kepemilikan
Stample kepemilikan dimaksudkan sebagai bukti
bahwa buku memang benar – benar milik perpustakaan. Pemberian stample ini
dilakukan pada bagian/ halaman tertentu pada setiap buku. Contoh stample
kepemilikan adalah :
|
2.
Stample Registrasi
|
2.5.2
PENCATATAN
DI BUKU INDUK
Setiap buku yang masuk ke
perpustakaan didaftarkan ke buku induk sesuai dengan urutan diterima/masuknya
buku. Buku yang pertama datang dicatat pada urutan pertama pada buku induk, dan
demikian pula seterusnya. Untuk membuat buku induk digunakan buku tulis
bergaris ukuran folio dengan lajur kolom yang diperlukan adalah sebagai berikut
:
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
Keterangan
lajur buku :
1.
Nomor
Nomor urut buku yang diinventarisasi
di buku induk
2.
Tanggal
Tanggal diisi dengan tanggal
perolehan/ datangnya buku diperpustakaan. Pemberian tanggal mencakup nomor
tanggal, bulan dan tahun.
3.
Judul
Penulisan judul harus lengkap sesuai
dengan judul yang tercantum di buku, termasuk keterangan tentang anak judul dan
jilidnya
4.
Pengarang
Penulisan nama pengarang disesuaikan
dengan nama penanggung jawab buku yang bersangkutan
5.
Impresium
Impresium merupakan keterangan
mengenai Tempat terbit buku, Penerbit buku, dan Tahun terbit buku. Contohnya :
Jakarta: Gramedia, 2010
6.
Asal
Asal buku yang diterima oleh
perpustakaan harus dicantumkan secara lengkap terutama untuk buku yang berasal
dari hibah/ hadiah
7.
Jumlah
Berisi jumlah eksemplar buku yang
dicatat
8.
Bahasa
Kolom bahasa berisi mengenai
keterangan tentang bahasa yang digunakan pada buku ( Indonesia, Jawa, Inggris,
dan lainnya )
9.
Nomor Induk
Nomor induk digunakan sebagai nomor
identitas buku yang dimiliki perpustakaan. Nomor ini diisi dengan angka
1,2,3,4, dan seterusnya sesuai dengan urutan buku yang diterima perpustakaan.
Setiap eksemplar buku yang diterima harus memiliki nomor induk yang berbeda,
walaupun mempunyai judul/ penerbit/ pengarang yang sama.
10.
Klasifikasi
Diisi dengan nomor panggil buu sesuai
dengan pedoman dan subyek buku
11.
Harga
Harga dicantumkan sesuai dengan harga
buku yang diterima pada saat perolehan. Jika harga buku berasal dari sumbangan/
hadiah maka sebaiknya dicari harga yang sesuai dengan kisaran harga buku pada
saat diterima
12.
Keterangan
Keterangan berisi penjelasan mengenai keberadaan
buku yang bersangkutan. Misalnya jika buku hilang maka ditulis dikolom
keterangan bahwa buku hilang dan diganti dengan buku yang baru
2.5.3. KATALOGISASI
Catalog
adalah daftar buku dengan segala kelengkapannya. Catalog merupakan suatu daftar
bahan pustaka yang dimiliki perpustakaan dan disususn menurut aturan tertentu.
System dan jenis catalog terdiri dari berbagai macam bentuk, seperti catalog
kartu dan catalog computer (OPAC).
Tujuan
dari penyusunan catalog adalah sebagai sarana temu kembali informasi di
perpustakaan yang bertujuan agar pemakai perpustakaan dapat menemukan informasi
buku yang dicarinya dengan cepat dan tepat. Catalog disusun berdasarkan judul
buku, pengarang buku, dan subyek buku. System catalog dasar yang umum dipakai
terdiri dari : catalog induk, catalog judul, catalog pengarang, catalog subyek.
KARTU
KATALOG
510
|
|
MUT
|
MUTHFISARI
|
m
|
Matematika untuk SMA
|
|
Cet
I Jakarta Gramedia, 2009
|
|
iv 60 hlmn. ; 24 cm. --ilust
|
|
Bibliografi : Hlm 60
|
|
ISBN
: 979-16367-2-9
|
|
|
|
1. MATEMATIKA I. Judul
|
|
|
16543/PU/HD/2011
|
2.5.4
PELABELAN
Proses
pelabelan koleksi buku melliputi kegiatan pembuatan kelengkapan buku, yaitu
label buku, kartu buku, slip tanggal kembali dan catalog buku.
Kegiatan ini meliputi pembuatan
:
a. Label
buku
Label
buku merupakan nomor identitas buku yang ditulis pada lembaran kertas dan
ditempel di punggung buku.
|
|
|
||||
b. Kartu
buku dan lembar tanggal kembali
Kartu
buku dibuat pada lembaran kertas karton. Isi dari kartu buku sebagai berikut :
Halaman Depan
KARTU
KENDALI
|
||
No.
Induk :. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . .
No.
Panggil : . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . .
Judul
: . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . .
Pengarang
: . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . .
|
||
Peminjam
|
Tanggal Pinjam
|
Tanggal
Kembali
|
|
|
|
Halaman
Belakang
Peminjam
|
Tanggal Pinjam
|
Tanggal
Kembali
|
|
|
|
c.
Slip Tanggal Kembali dan Kantong Buku
Peminjam
|
Tanggal
Pinjam
|
Tanggal
Kembali
|
Ket.
|
|
|
|
|
BAB III
PENUTUP
3.1
Kesimpulan
Berdasarkan uraian pembahasan diatas,
mengenai perpustakaan dapat disimpulkan bahwa :
1. Peranan
perpustakaan sangat menunjang program pendidikan khususnya untuk bidang Administrasi
Perkantoran.
2. Perpustakaaan
sangat penting dan harus ada pada setiap daerah atau sekolah untuk kemajuan
pendidikan
3. Pengelolaan
perpustakaan harus dilaksanakan sesuai dengan tujuan yang semestinya
3.2 Saran
Mengetahui peranan perpustakaan yang
sangat banyak sumbangsihnya dalam pelaksanaan program pendidikan saran yang
kami berikan adalah sebagai berikut :
a. Sebaiknya
perpustakaan dikelola sesuai dengan tujuan dan fungsinya
b. Peran
pengelola atau pustakawan yang professional hendaknya mendapatkan bekal yang
cukup sehingga menjadi pustakawan yang handal dan professional
c. Seharusnya
para pegawai perpustakaan daerah membuat sebuah promosi atau pengenalan kepada
masyarakat agar pengunjung di perpustakaan semakin meningkat
d. Buku
yang tersedia lebih banyak koleksi yang sudah lama, sebaiknya koleksi diperbarui
mengikuti perkembangan zaman
e. Dekorasi
ruangan kurang dapat menarik perhatian pengunjung untuk masuk sehingga
perpustakaan cenderung sepi dan tidak nyaman
LAMPIRAN – LAMPIRAN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar