SpongeBob SquarePants Siti Istikomah: Pesona Gunung Pringgitan Slahung Ponorogo

Kamis, 12 Juni 2014

Pesona Gunung Pringgitan Slahung Ponorogo







DISSUN OLEH :
 J RISKY AULIA N.K
J RISTA DIAN N.E
J SERLIK ASMANDA
J SITI ISTIKOMAH
J YUNI KURNIAWATI


SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 PONOROGO
Jl. Jendral Sudirman No.10 Kode Pos 63416
Telp. (0352) 481293 Fax. (0352) 462663
                              e-mail : smkn1_png@yahoo.com                      


Lokasi Gunung Pringgitan

Gunung Pringgitan adalah salah satu potensi alam berupa gunung di Ponorogo  dengan ketinggian 800 mdpl ( meter diatas permukaan laut ) yang terletak di Desa Caluk, Kecamatan Slahung, Kabupaten Ponorogo. Lokasi gunung pringgitan ini 27 km ke selatan dari pusat kota Ponorogo, tepatnya dari pasar Slahung ke selatan, ada pertigaan belok kanan, 2 km sebelum Pacitan. Di sekitar gunung Pringgitan terdapat area yang luas dan rindang di bawah pohon pinus yang biasanya digunakan para siswa pramuka, pecinta alam, dan pendaki untuk berkemah. Pada saat bulan purnama, banyak orang yang mendaki sampai puncak gunung untuk menikmati keindahan taburan bintang dan cahaya bulan purnama dari atas gunung ini. Semakin menyenangkan lagi karena dari puncak ini para pendaki bias melihat pemandangkan wilayah ponorogo dengan udara yang segar dan lingkungan yang masih asri.

Potensi Wisata Gunung Pringgitan

Lokasi gunung yang berada di pedesaan dengan kawasan yang masih asri, seharusnya kawasan gunung ini bisa digali potensinya untuk dijadikan salah satu  kawasan wisata alam Ponorogo. Dengan memanfaatkan sumber daya alam di sekitar kawasan ini serta memperbaiki kawasan ini agar memenuhi syarat-syarat dan kelayakan ODTWA (Objek dan Daya Tarik Wisata Alam) pastinya kawasan Gunungr Pringgitan ini dapat menjadi tempat referensi wisata bagi para wisatan dari Ponorogo maupun luar Ponorogo serta bagi mereka pencinta alam dan para pendaki gunung.



Kelebihan Gunung Pringgitan

1.             Dengan ketinggian 800 mdpl, gunung ini cocok untuk kegiatan hiking atau pendakian  bagi para pendaki pemula dan pecinta alam.
2.             Suasana  alamnya masih asri,cocok untuk  reflesing,menyalurkan hobi
3.             Untuk warga Ponorogo ,lokasi mudah di jangkau dan tidak terlalu jauh dan  lokasi  yang mudah di temukan
4.             Bagi pecinta fotografi dengan pemandangan alam saat mendaki ataupun di puncak gunung memberikan kepuasan pada hasil fotografinya.
5.             Pengunjung bisa berinteraksi lebih dekat dengan satwa liar disana (kera)

Syarat - Syarat Gunung Pringgitan agar layak menjadi ODTWA antara lain :

1.             Di lokasi tersebut sudah di dukung oleh pemandangan yang asri yang masih di jaga oleh masyarakat. Setiap bulan purnama banyak orang melakukan pendakian,seharusnya ada pementasan seperti tarian Reog untuk lebih menarik orang agar juga datang ke gunung Pringgitan walaupun tidak melakukan  pendakian
2.             Untuk menarik wisatawan dari Ponorogo maupun luar Ponorogo seharusnya di lokasi ini di bangun fasilitas seperti tempat outbond,flying fox,atau bahkan panjang tebing. Agar wisatawan yang datang bukan hanya yang hanya mendaki.
3.              Gunung dengan ketinggian sekitar 800 mdpl ini , sebenarnya dapat dibangun sebuah tempat peristirahatan sekitar ketinggian 400 mdpl , karena pada titik tersebut pendaki dapat sejenak melepas lelah semabari menikmati sajian keasrian hutan pinus  sebelum para pendaki melanjutkan ke puncak pringgitan.
4.             Untuk meningkatkan kelayakan sebagai tempat wisata perlu dibangun fasilitas umum seperti , musholla , WC umum , pos petugas , tempat parkir , tanah lapang untuk tenda (bumi perkemahan) .




Kekurangan  Gunung Pringgitan

1.             Salah satu sisi gunung pringgitan membentuk sudut yang memiliki kemiringan yang cukuo ekstrim serta curam
2.             Gangguan dari satwa liar apabila pengunjung belum dapat beradaptasi
3.             Medan perjalanan yang masih makadhaman atau masih berupa susunan batu juga masih menjadi kendala para pendaki

Agar kawasan wisata Gunung pringgitan menjadi salah satu kawasan wisata  yang potensial di Ponorogo, seaharusnya kekurangan-kekurangan tersebut bisa diminamalisir atau bahkan dihilangkan agar para wisatawan-wisatawan menjadi tertarik untuk datang dan mengunjungi kawasan ini. Seperti papan-papan peringatan tanda bahaya bagi wisatawan atau pendaki agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, perbaikan medan jalan menjadi jalan beraspal agar wisatawan tidak kesulitan datang ke kawasan ini karena jalan yang masih makadhaman.

4 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua,
    Sengaja ingin menulis sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang kesulitan masalah keuangan
    Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar 750juta saya sters hamper bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu dengan kyai ronggo, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI RONGGO KUSUMO kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan penarikan uang gaib 3Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 3M yang saya minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada. Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya sering menyarankan untuk menghubungi kyai ronggo kusumo di 082349356043 situsnya www.ronggo-kusumo.blogspot.com agar di berikan arahan. Toh tidak langsung datang ke jawa timur, saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sama baik, jika ingin seperti saya coba hubungi kyai ronggo kusumo pasti akan di bantu

    BalasHapus
  3. cara penulis artikel nya sebenarnya keren, cuma masih perlu diperbaiki gan biar lebih enak dibaca

    BalasHapus